Berikut Ini Adalah Biografi Presiden Soeharto, biodata-artisidola

Soeharto adalah presiden ke 2 Republik Indonesia setelah Soekarno,beliau lahir di kemusuk Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Bapaknya bernama Kertosudiro seorang petani yang juga sebagai pembantu lurah dalam pengairan sawah desa, sedangkan ibunya bernama Sukirah.
Soeharto masuk sekolah tatkala berusia delapan tahun, tetapi sering pindah. Semula disekolahkan di Sekolah Desa (SD) Puluhan, Godean. Lalu pindah ke SD Pedes, lantaran ibunya dan suaminya, Pak Pramono pindah rumah, ke Kemusuk Kidul. Namun, Pak Kertosudiro lantas memindahkannya ke Wuryantoro. Soeharto dititipkan di rumah adik perempuannya yang menikah dengan Prawirowihardjo, seorang mantri tani.
Beliau terpilih menjadi prajurit teladan di sekolah Bintara,di Jawa Tengah pada thn 1941,dan resmi bergabung dengan TNI pada 5 Oktober 1945.
menikah dengan Siti hartinah (Ibu Tien) pada 26 desembar 1947,dan dikaruniai enam putra dan putri; Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.
Jenderal Besar H.M. Soeharto telah menapaki perjalanan panjang di dalam karir militer dan politiknya. Di kemiliteran, Pak Harto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel.
Pada 1949 beliau berhasil merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah,Tanggal 1 Oktober 1965, meletus G-30-S/PKI. Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Selain dikukuhkan sebagai Pangad, Jenderal Soeharto ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno. Bulan Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Tugasnya, mengembalikan keamanan dan ketertiban serta mengamankan ajaran-ajaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno.
Beliau di kukuhkan sebagai Presiden ke 2 RI pada 1968 melalui sidand MPRS 1967,beliau wafat pada usia 87 thn di rumah sakit pertamina pada Minggu, 27 Januari 2006,di rawat selama 24 hari.

0 Response to " Berikut Ini Adalah Biografi Presiden Soeharto, biodata-artisidola "

Posting Komentar