Berikut Ini Adalah Biografi Ali bin Abi Thalib, biodata-artisidola

Ali Bin Abi thalib lahir di Makkah daeran Hejaz pada tanggal 13 Rajab,menurut sumber Ali di lahirkan 10 th sebelum kenabian Muhammad,sekitar 599M.
Beliau bernama asli Haydar bin Abu Thalib paman dari nabi Muhammad,beliau di lahirkan dari seorang ibu bernama Fatimah binti Asad,dimana Asad merupakan anak Hasyim,sehingga beliau adalah keturunan Hasyim dari sisi bapak dan ibu.
Ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu, riwayat-riwayat lama seperti Ibnu ishaq menjelaskan Ali adalah orang kedua setelah Khadijah yang mempercayai wahyu tersebut.
Pada usia remaja setelah wahyu turun, Ali banyak belajar langsung dari Nabi SAW karena sebagai anak asuh, berkesempatan selalu dekat dengan Nabi hal ini berkelanjutan hingga beliau menjadi menantu Nabi.
Hal inilah yang menjadi bukti bagi sebagian kaum Sufi bahwa ada pelajaran-pelajaran tertentu masalah ruhani (spirituality dalam bahasa Inggris atau kaum Salaf lebih suka menyebut istilah 'Ihsan') atau yang kemudian dikenal dengan istilah Tasawuf  yang diajarkan Nabi khusus kepada beliau tapi tidak kepada Murid-murid atau Sahabat-sahabat yang lain.
 Setelah masa hijrah dan tinggal diMadinah, Ali dinikahkan Nabi dengan putri kesayangannya Fatimah Ah Zahra.
Ali bin Abi Thalib, seseorang yang memiliki kecakapan dalam bidang militer dan strategi perang, mengalami kesulitan dalam administrasi negara karena kekacauan luar biasa yang ditinggalkan pemerintahan sebelumya. Ia meninggal di usia 63 tahun karena pembunuhan oleh Abdurrahman bin Muljam, seseorang yang berasal dari golongan Khawarij (pembangkang) saat mengimami salat subuh di masjid Kufah, pada tanggal 19 Ramadhan. dan Ali menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 21 Ramadahan tahun 40Hijriyah. Ali dikuburkan secara rahasia di Najaf, bahkan ada beberapa riwayat yang menyatakan bahwa ia dikubur di tempat lain.

0 Response to " Berikut Ini Adalah Biografi Ali bin Abi Thalib, biodata-artisidola "

Posting Komentar